Pernah ikut tapi puasa-puasaan

Ini cerita tentang pengalaman gue puasa di Bangka, dan gegara ini juga berat badan gue turun drastis 1 ons setengah, bahahahah.. 

Percaya atau nggak, dan gue pada kesempatan ini berani ngaku-ngaku orang yang bener menghormati orang lain, dan lo boleh ngecap gue sebagai orang yang sok toleran dalam perbedaan, karena udah berani-beraninya mengklaim dirinya sendiri ke dalam kelompok orang yang tergolong tipe orang yang gak enakkan kalo orang lain (merasa) terganggu. Jujur gue emang suka gak enakan  kalo ada orang yang terganggu puasanya karena gue, satu hal yang pasti bisa aja karena orang berpuasa yang gue hadapin mungkin gak se-respect gue. walau kadang hampir seperti tidak ada perlawanan jika mereka merasa terganggu, apa yang tampak dari luar mungkin mereka terlihat diam, tapi mungkin di dalam hati siapa yang tahu, ini yg selalu berusaha gue jaga,..



Respect patut diberikan buat orang yang berpuasa, yang gak bisa gue tau dari hati seseorang yang berpuasa, adakah mereka memberikan penghargaan gak buat respect itu? misalnya respect gue ke mereka, gue harus bela-belain sembunyi-sembunyi untuk makan dan ngerokok, apakah gue dihargai karena menghargai orang yang sedang berpuasa? tapi abaikan saja, gak ada sedikitpun maksud gue pengen dihargai untuk itu.

"si Andik lagi kelaperan tuh, dia kan ga puasa, ayo beliin dia makanan" kata seseorang yang berpuasa, ada yang gini? salut kalau ada yang seperti ini,,,

Kembali ke pengalaman gue, di Bangka gue tinggal sama keluarga muslim, dan apa yang gue dapatin disana gue sangat merasa terhormat bisa ngerasain kesannya berpuasa bareng mereka. Siang terik begini, gue malah ditawarin makan, terang aja gue gak enak hati cuy, gue akuin gue memang lapar banget pada saat itu, dan kebayang juga mereka pasti merasakan hal yang sama padahal sekeluarga lagi puasa. Setiap pagi gue ga ikutan sahur, molor sampai jam 8 pagi, eh pas bangun pagi udah disiapin sarapan, dan gue jd makin hormat sama keluarga ini. Dan apa yang gue rasain sekarang, keluarga inilah yang gue anggap yang bener-bener puasa, kadang jadi ngerasa gak enak sendiri..

Gue udah coba-coba ngikut nahan nafsu makan, eh malah dipaksa makan, "ndik, itu ayam sambel ibu masak buat kamu.." keluh ibu itu cemberut.. ;")

Di meja makan ada roti, ada sup buah, kurma. Makanan yang udah ada sejak sahur tadi pagi, dan jelas-jelas terpampang di meja, mereka biasa aja tuh. Saya sangat menghargai keluarga ini, keluarga yang patut mendapat penghargaan, yang nganggap puasa adalah beban pribadi bukan beban oranglain..

I've traveled to many places, met many people, wherever and whenever we are, keep learning how to respect others... - @MariMikir

Comments