Air Terjun Sidompak, Surga Tersembunyi Tongging, Siantar Backpacker and ...



Buat yang pengen tahu dimana Air Terjun Sidompak, lokasinya ada di Desa Tongging, berada di lembah yang sebenarnya bisa terlihat dari pinggir jalan, Sidompak, gak tau penamaannya berasal dari mana, kalau Bahasa Batak Dompak artinya Hadap (mar-dompak; berhadapan), mungkin karena berhadapan dengan Air Terjun Sipiso-piso, walau keadaanya sebenernya lebih tepat bersebelahan, tapi jauh sih di batasi lembah. Tapi "Dompak" mempunyai arti lain, yaitu jimat, kalau dari suasananya lokasinya memang menyeramkan.. halahh nggak lah.. mungkin karena aksesnya di lembah dengan tebing - tebing tinggi dan tertutup oleh pohon pohon besar. akses yang berbelok - belok mengikuti dinding tebing dan sungai bebatuan besar menyebrangi sungai deras membuat kesan "explore" dan "adventure" nya dapat. Sebenarnya Sungai ini bertingkat-tingkat kita sebut aja Anak Air Terjun, halahhh ya karena sungainya berarus dan bertingkat.


Di atas terdapat lembah bersemayam Air Terjun Si Dompak, dengan kedalaman 1 meter kita harus rela renang basah-basahan ke sana biar bisa lebih dekat dengan Sidompak. .


Overall, Petualangan dan Jelajahnya dapat, yang penting hati - hati, jatuh ke Air Sih nggak masalah, yang penting jangan sampai cidera ke bentur batu Sungai yang lumayan Licin dan Curam, dan... yg paling penting Sepertinya debit air selalu fluktuatif dan tak terduga terlihat dari bekas arus besar yg membawa potongan kayu2.

#sidompak #tongging

andiksiboro#ayokesumut #visit_sumut #pariwisatasumut #mtma #mtmaindonesia #mytrip_myadvntr #cometolaketoba #lingkartoba #siantarbackpacker #wonderful_sumut #medanwisata #enjoytraveller #travellingindonesia #travelerid #indotravellers #indozonetravel #indonesiantraveler_ #indonesiarepost #explore #adventure #lingkarindonesia #wonderfulindonesia #sumaterautara #indonesia




Tinggalkan jejak, sebagai penyemangat berbagi

Comments