Pulau yang Pendiam - Siapa yang kenal Bangka? (Bagian I)

Siapa yang gak kenal sama Pulau Bangka? Nama Bangka mungkin tidak asing lagi didengar, beberapa orang mungkin hanya mengenal Bangka dari nama sejenis makanan yaitu martabak, walaupun pada kenyataanya Martabak Bangka yang dijual di Bangka sendiri gak begitu populer bahkan hampir sulit menemukan martabak yang enak di kota sekecil Bangka, satu lagi yang membuat pulau yang terletak disebelah utara provinsi sumatera selatan ini namanya tidak asing karena terkenal dengan penghasil timah, kalau datang ke Bangka pasti banyak lihat ada banyak tambang (parit, bahasa Bangka)




Pulau Bangka termasuk kedalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BABEL) dulunya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi Bangka Belitung secara umum terdiri atas 2 pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Kawasan Bangka Belitung sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Kata Bangka sendiri berasal dari katavangka yang berarti timah karena banyaknya timah yang terkandung pada pulau tersebut. Lalu bagaimana dengan potensi di Bangka? "Pulau Bangka memiliki pantai dan alam yang cukup indah. Hanya saja sejauh ini belum dikelola secara maksimal," ungkap seorang Bapak yang menjadi teman saya selama 3 bulan di Bangka. Di semua pantai pulau Bangka, terdapat banyak pantai yang cantik dan baru beberapa saja yang sudah dikelola dengan BAIK, itupun dikelola oleh perusahaan swasta.



Salah satu pulau terluar Indonesia, yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu nyaris tidak pernah terdengar gaung keindahan alamnya, jika tidak pernah disebutkan dalam Film Laskar Pelangi, walaupun film Laskar Pelangi sendiri syuting di Pulau Belitung, pulau yang terletak di tenggara Pulau Bangka. Pulau berbentuk seperti kepala kuda itu, disebut-sebut menjadi taman impian turis asing dan penyelam, sebab gugusan batu granit besar di hampir semua pantai di Pulau Bangka, menyimpan berbagai potensi wisata bahari.



"Keindahan panorama Pantai dengan pasir yang lembut di Pulau Bangka yang juga sebagai tempat yang nyaman buat kelurga untuk berkumpul, bersantai, sembari melepaskan penat setelah hampir seminggu bekerja, Tidak hanya menyimpan keindahan laut dan pantai, Pulau Bangka kata Pak Herman juga memiliki keindahan alam yang sangat unik dibanding pulau-pulau lainnya di Indonesia. Gugusan batu besar dan hamparan hutan di sepanjang Pulau Bangka, Selama bertahun-tahun kata Pak Herman (teman saya), Bangka seolah menjadi pulau yang terlupakan, orang luar hanya mengenal bangka hanya penghasil timah saja. 

Kepulauan Bangka Belitung atau sering disingkat Babel memang sangat identik dengan tambang timah. Namun selain timah, Bangka Belitung juga mempunyai potensi wisata yang indah terutama pantainya. Memang potensi wisata pantai di provinsi ini belum tergali sempurna karena kurangnya dukungan dari pemerintah pusat. Namun dengan populernya Film Laskar Pelangi yang mengambil setting di Belitung seolah memperlihatkan sisi yang berbeda yang belum terjamah dari Bangka Belitung. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Masih banyak yang mau saya ceritain, untuk saat ini sampai disini dulu, kalau dilanjutkan gak bakal kelar-kelas ntar saya bawa jalan - jalan lagi...

Comments