Gimana Rasanya Jalan Ke Luar Negeri

Belum tau rasanya gimana berada di luar negeri, mungkin seru juga ya, tapi jangankan untuk berpergian ke luar negeri, beberapa orang bahkan tidak pernah ke luar pulau, bahkan menginjakkan kakinya ke daerah lain, siapa sih yang gak suka berpergian kemana-mana? apalagi ke luar negeri, mungkin menjadi sebuah kebanggaan bagi sebahagian orang jika bisa mengunjungi daerah-daerah baru, disaat orang lain gak bisa sama sekali kesana. mungkin ada perasaan beda  karena memang suasananya juga berbeda, apalgi daerah yang kita kunjungi mempunyai latar belakang budaya, orang-orang dan lingkungan alam berbeda dengan kita (kitanya aja yang belum terbiasa). untuk mendapatkan kesan seperti itu bukan harus ke luar negeri aja sih. Indonesia mempunyai keragaman budaya, setiap daerah punya kebiasaan dan ciri khasnya masing-masing yang juga wajib kita rasakan, .


Seperti itulah, kayaknya memang enak tuh bisa berplesir ke luar negeri, kita bisa dapatin sesuatu yang gak bisa kita dapatin di negeri sendiri, dalam banyak hal malah, contohnya cerita dari seorang teman yang pernah ke Singapura, "Bila kita ke singapura, merasa nyaman dan bersih, di apartemen tersedia permainan untuk setiap anak dan juga dilengkapi dengan fasilitas olah raga", atau komentar teman lainnya yang juga pernah ke sana "banyak jalanan di Singapura dihiasi cewe-cewe seksi (kelihatan belahan dadanya, pahanya) semua orang cuek dengan gayanya masing-masing". Ada juga temen yang sering berpergian ke luar negeri khususnya daerah yang masih di Kawasan Asia tenggara, yang notabene punya kemiripan latar belakang budaya dengan budaya Indonesia, walau ada saja perbedaan tinggal disana terkesan seperti gak di luar negeri, misalnya Malaysia dan Kamboja.

Kalo ke Luar Negeri tentu harus mengeluarkan biaya yang gak sedikit, biarpun sekarang ini udah musim tiket promo, tapi pengeluaran kan bukan itu doank, tetap aja, biaya hidup di luar negeri itu beda dengan di Indonesia, belum lagi biaya akomodasi, transportasi, kebutuhan sehari-hari, dan  makanan, belum lagi olah-oleh hehehehe, satu hal lainya menjadi orang asing di negara lain mungkin akan menjadi kesan yang WOW ketika bertemu dengan masyarakat asli sana. 

Aku belum pernah sekalipun ke luar negeri, ya karena memang banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya keterbatasan waktu, keterbatasan biaya, ketidaksiapan mental.... halaaah, udah kayak ikut reality show "Dunia Lain" aja LOL, alesan!!, tapi kalo untuk mencari suasana berbeda dengan keterbatasan biaya dan waktu gak harus ke luar negeri juga, ada banyak daerah-daerah di Indonesia juga yang wajib di kunjungi, dengan latar belakang budaya dan lingkungan yang berbeda dengan dengan daerah asal kita.  Bagi yang bisa ke luar negeri pasti senang, saking senangnya sampai gak mau kehilangan momen sedikitpun, karena mungkin berpikirnya belum tentu dapat berkunjung kembali.

Kalau aku pribadi mikirnya hampir gak ada bedanya kesan yang kita dapatkan dari belajar budaya dan kebiasaan yang diluar kebiasaan kita, ketika kita berkunjung ke daerah baru (luar negeri atau juga ke daerah lain di Indonesia), jadi jangan berkecil hati dulu buat kita yang belum pernah ke luar negeri, di Indonesia banyak kok daerah-daerah dengan latar belakang budaya, orang, dan lingkungan yang berbeda dengan kita tapi sangat layak di kunjungi, beberapa orang memang membayar mahal ke luar negeri untuk "sesuatu", tapi yang terpenting, gak masalah mau ke luar negeri atau jalan-jalan di Indonesia aja, Perjalanan ke luar negeri bagi yang pertama kali tentu exiting, banyak hal yang bisa didapatkan,dipelajari,dan diamati. Sebenarnya negeri kita tak kalah indahnya, namun kita sendiri masih kurang menghargainya. 

Ok.. moga-moga ada kesempatan ke luar negeri, #AwalnyaSederhana

Comments